Daftar Blog Saya

Senin, 06 Januari 2014

Oleh:Anwar Sanuji

Teori bicara dengan orang bodoh :

Ketika aku direndahkan ketika itulah aku bertambah tinggi, Tidaklah bagiku cela melainkan jika aku turut memaki.
Jikalaulah tidak ada padaku keluhuran jiwa, Pasti kan kulawan setiap siapa tukang menghina...

Meski aku juga bekerja untuk kenikmatan diri, Kautahu aku lebih banyak tak peduli dengan yang kucari, Tapi aku bekerja untuk memberi manfaat kepada para kawan, Dan tercelalah mereka yang kenyang saat kawan kelaparan...

Orang bodoh mengajakku bicara dengan segala umpat, Dan aku muak untuk memberi padanya kata jawab,
Ia bertambah bebal sedang aku bertambah pintar, Seumpama cendana, bertambah wangilah jika terbakar

Jika orang bodoh bercakap janganlah kautanggapi, Karena jawaban terbaik baginya adalah berdiam diri..
Jika kau menanggapi kata-katanya, ia makin tinggi, Jika kau berpaling, kau telah memasukkannya ke peti mati...

[Imam Syafii]

Tidak ada komentar: