Caping Gunung
|
Kiai Budi Harjono |
Caping Gunung:
Lagu dari Masa ke Masa
Catatan Gunawan Budi Susanto
Kawan
saya, Kiai Budi Harjono, gelisah. Kegelisahan yang berpangkal dari
pengetahuan: betapa semrawut pengelolaan negeri ini. Negeri yang luas,
negeri yang subur – thukul kang sarwa tinandur, tanah tempat segala kayu
dan bahkan batu pun bertumbuh, tetapi tak pernah bisa memberikan
kemakmuran kepada rakyat! Ingatkah Anda, sekian puluh tahun lalu Koes
Plus menyanyikan dengan riang lagu “Kolam Susu”. Lagu yang menggambarkan
betapa indah, betapa kaya, negeri kita. Dengarlah!
Bukan lautan hanya kolam susu
Kail dan jala cukup menghidupimu
Tiada badai tiada topan kau temui
Ikan dan udang menghampiri dirimu
Bukan lautan hanya kolam susu
Kail dan jala cukup menghidupmu.
Tiada badai tiada topan kau temui
Ikan dan udang menghampiri dirimu
Orang bilang tanah kita tanah surga
Tongkat kayu dan batu jadi tanaman.
Orang bilang tanah kita tanah surga
Tongkat kayu dan batu jadi tanaman
Bukan lautan hanya kolam susu
Kail dan jala cukup menghidupimu.
Tiada badai tiada topan kau temui
Ikan dan udang menghampiri dirimu
Bukan lautan hanya kolam susu
Kail dan jala cukup menghidupmu.
Tiada badai tiada topan kau temui
Ikan dan udang menghampiri dirimu
Orang bilang tanah kita tanah surga
Tongkat kayu dan batu jadi tanaman
Orang bilang tanah kita tanah surga
Tongkah kayu dan batu jadi tanaman.
Namun,
meski tongkat kayu dan batu jadi tanaman, adalah ironi menyerikan
ketika petani mesti menjual gabah lebih murah ketimbang beras yang
mereka beli untuk memberi makan seluruh keluarga. Negeri ini mesti
mengimpor bawang, mengimpor beras, mengimpor segala buah dan sayuran.
Negeri dengan kekayaan ikan dan mutiara yang tak pernah menyejahterakan
nelayan, negeri dengan luasan dan panjang pantai tak terkira tetapi
mengimpor garam. Negeri dengan minyak dan gas, emas, boksit, timah,
tembaga, nikel, dan segala mineral yang semestinya bisa menjadikan
rakyat makmur sejahtera.
Namun, Anda tahu, kini bahkan penghasilan
(devisa) terbesar yang kita peroleh adalah uang kiriman dari para tenaga
kerja Indonesia (TKI), baik lelaki maupun terutama perempuan, di luar
negeri. Penghasilan terbesar yang hanya kalah banyak dari penjualan
minyak dan gas kita.
Membanggakan – terima kasih kepada para
“pahlawan devisa”. Namun juga menyedihkan lantaran itulah potret paling
nyata: betapa pemerintahan negeri ini dari satu rezim ke rezim lain tak
mampu memberikan lapangan pekerjaan kepada rakyat, sehingga mereka mesti
mengadu nasib di negeri orang – bukan tanpa risiko menghadapi kekerasan
lahir dan batin.
Inilah negeri yang menempatkan nilai-nilai
kemanusiaan ke titik nadir, sehingga tercipta klasifikasi manusia
berdasar (hanya) kemampuan mengonsumsi ala hasil elaborasi Kluprut –
sohib saya. Ya, menurut pendapat Kluprut, manusia di negeri ini terbagi
menjadi lima golongan yang tersusun secara bertingkat dari yang berada
di dasar (menjadi pijakan) sampai yang teratas (bertumpu di atas kepala
saudara-saudaranya).
Pertama, orang yang selalu bertanya: besok bisa makan atau tidak.
Kedua, orang yang selalu bertanya: besok makan apa.
Ketiga, orang yang selalu bertanya: besok makan di mana.
Keempat, orang yang selalu bertanya: besok makan bersama siapa.
Kelima, orang yang selalu bertanya: besok makan siapa.
Saat
inilah bangsa kita, negeri kita, berada di tubir jurang kehancuran.
Ketika nyaris semua kehilangan daya cipta, kehilangan prakarsa.
Semua-mua telah dan terus kita jual. Kini, kita bagai tinggal menunggu
disundhul, njedhul, terus memumbul-mumbul….
***
DISUNDHUL,
njedhul, mumbul-mumbul – ayo diwaca: njaluk utawa ngenteni disundhul
amrih bisa njedhul, terus mumbul-mumbul! Kuwi ukara sing trep kanggo
nggambarake kahanan saiki iki. Kahananing pribadi, kahananing masarakat,
kahananing nagara, lan bangsa kita.
Minangka pribadi, masarakat,
mungguhing nagara-bangsa, kita wis kelangan daya kekarepan (inisiatif),
kelangan daya pamikir, kelangan daya pangripta. Kabeh-kabeh, karan apa
wae – upa, apa, wisa – saiki sarwatinuku – nggenteni unen-unen lawas:
kabeh sarwatinandur. Sarate gampang: angger duwe dhuwit, angger nyekel
dhuwit. Dhuwit, mungguhing sapa wae saiki wis dadi pepundhen, dadi
pandom, dadi gustine. Sing sapa nyekel dhuwit, sing sapa duwe dhuwit,
kuwi sing bisa ngregem panguwasa, bisa ngregem donya. Mula ora
nggumunake yen ana kanca kanthi gegojekan nyindhir: saiki iki sila
kaping pisan saka Pancasila malih wujud dadi keuangan yang maha-esa.
Disundhul
mujudake gambaran pribadi, masarakat, lan nagara-bangsa sing wis
kelangan daya. Mula mung bisa ngenteni sapa wae sing gelem nyundhul,
ndudul, supaya bisa njedhul, sukur bage bisa mumbul-mumbul!
Cilakane,
njedhul lan mumbul-mumbul kuwi uga mung kanggo blanja, kanggo tetukon.
Blanja, tetukon, ing sadengah papan, ora angon wayah, ora angon rasa.
Mung angon rupa, angon swara, adol ayu, adol bagus. Kabeh papan dadi
pasar, dadi warung, dadi mal, dadi plasa: sekolah, kampus, kantor
pamarintah lan swasta, pabrik, rumah sakit, koran, radio, telepisi,
internet, facebook, twitter, lan sapanunggalane – kuwi kabeh wis dadi
papan dol-tinuku. Rame, rame banget, ora nate sepi pawongan. Saka esuk
umun-umun, awan, sore, wengi, nganti esuk uthuk-uthuk, sing ana
wong-wong dol-tinuku. Sowang-sowang utawa gemruduk bedhol kluwarga,
bedhol desa, bedhol nagara. Blanja. Kabeh-kabeh sak-iyek sak-ekakapti:
nganyari sandhangan, sakabehe sandhangan, ngobahake ilat, ngrasakake
samubarang panganan.
Mula ora aneh yen endhek-wure masarakat kita
bisa kabagi dadi limang prakara. Kapisan, pawongan sing tansah kagubel
pitakonan: sesuk bisa mangan apa ora? Kapindho, pawongan sing tansah
ngreronce pangangen-angen sesuk mangan apa? Katelu, pawongan sing tansah
golek sisik melik sesuk mangan ning ngendi? Kapapat, pawongan sing
tansah ngrerancang sesuk mangan karo sapa? Kalima, pawongan sing tansah
ngrerancang sesuk mangan sapa?
(Wong pidak pedarakan kaya aku mono
kudu ngucap sokur, matur nuwun, dene wis duwe “wakil rakyat”, sing
makili rakyat bisa mangan enak, bisa mapanake awak kanthi kepenak. Mula
aku ora serik, ora runtik, yen para “wakil rakyat” mbangun WC wae
mbutuhake wragat 2 milyar rupiah. Kuwi mono makili rakyat, sing ora
bakal kuwagang nggagas prakara saliyane mikir sesuk bisa mangan apa ora.
Aja duwe pikiran ala, yen gawe omah elek-elekan mung butuh wragat 50
yuta rupiah, mula yen 2 milyar rupiah bisa gawe omah kanggo patang puluh
kluwarga!)
Mula sapa wae, ning ngendi wae, kapan wae, yen pengin
duwe dhuwit, pengin nyekel dhuwit, supaya tansah bisa blanja apa wae,
ning ngendi wae, kapan wae: gampang! Matek ajiku, ajian sakti.
Rapal Sakti Ajian Korupsi
sun amatek ajiku ajian korupsi
nedya sugih bandha donya sarwa mbejaji
ora geter telik sandhi lawan cerenging jeksa
ora gigrik surak lan supataning sapepadha
ora tedhas tapak paluning hakim kang mbaureksa
sluman slumun slamet
ngupaya lenaning kang andum kuwasa
murih lancar nguras kaskayaning nagara
ho!
ajiku ajian korupsi
mataku mata birokrat
kupingku kuping teknokrat
lambeku lambe pejabat
irungku irung pengamat
dadaku dada malaikat
sikilku sikil masarakat
wetengku weteng kebak nikmat
tanganku tangan konglomerat
kebat kliwat mbeburu berkat
tansah gangsar donya akerat
ho!
ajian korupsi satuhu rapalku
jaran goyang esemku
semar mendem caturku
candramawa paninggalku
welut putih langkahku
sadengah papan andhon laku
adol guyu nyaring isu
dalanku tansah lumintu
sakabehing referensi dadi gamanku
sakabehing bank dadi bangku
ho!
ajiku ajian korupsi
jimatku jimat kolusi
tamengku tameng kongsi
payonku payon proteksi
papanku papan lisensi
sedulurku koneksi sinarawedi
citraku citra telepisi
ugemanku nunggal sawiji
: status quo tansah lestari
ho!
sun amatek ajiku ajian korupsi
ajian sakti sang anak negeri
so pasti, senantiasa is the best nomer siji
maka merdekalah aku
merdeka sampai mati
ho!
***
Saiki,
ing nagara ini, apa sing ora bisa dituku? Apa sing ora tinuku? Sapa
sing ora bisa tuku? Sapa sing ora bisa tinuku? Apa sing ora didol? Sapa
sing ora kumedol?
Kuwi pitakonan-pitakonan sing ngebaki pikirane sapa
wae, saka kawula alit nganti (luwih-luwih) kawula ageng dalah para
satriya ngulandara, satriya pengembating praja, para sarjana sujana,
para winasis lan waskitha…. Bareng kadudul tangi, apa barang sing kadulu
kuwi sing katuku. Mula satemene didudul, disundhul, njedhul,
mumbul-mumbul amung nggambarake: ombyake wong geger ngoyak pangan,
ngoyak sandhang, ngoyak papan.
Ora prelu maneh ngeling-eling pitutur
kuna: aja drengki srei dahwen ati open, aja melik nggendhong lali, aja
colong jumput, bedhog, lan nggedhor, sarta kudu remen temen. Malah
kepara samesthine kita kabeh kudu wani: rawe-rawe rantas malang-malang
putung, holopis kuntul baris, ana catur mungkur, bapang den singkiri.
Kuwi ngelmu: kalakone kanthi laku.
Saiki satemene disundhul, njedhul,
mumbul-mumbul uga wis dadi laku. Laku sing kakulinakake saka jabang
bayi tumekaning bathang mati: urip amung mampir blanja. Kareben
murakabi, blanjaa barang sing mbejaji, amrih disuyudi sapa wae, ing
ngendi wae, kanthi cara lan dalan apa wae.
Supaya bisa tetukon, dolen
apa wae sing kokduweni. Lemah, banyu, wit-witan, gunung, segara
sak-isine: kuras lan dol marang sapa wae sing kuwagang tuku. Banjur,
blanjaa apa wae sing kokbutuhake: ilmu, teknologi, ideologi, tata praja,
tata srawung, klangenan, drajat, semat, pangkat, lan sapanunggalane.
Aja kemba. Lakonana kuwi kabeh kanthi titis-pratitis, tetep, teguh,
tatag, tekun, (nanging aja pisan-pisan wani temen) mesthi tekan: bilahi!
***
Ya,
ya, pada saat yang sama untuk bertahan hidup: semua-mua kita beli pula
dari berbagai penjuru dunia. Keadaan makin memiriskan, lantaran di
puncak strata bercokol orang-orang yang saling memangsa: berlomba-lomba
makan siapa sebanyak mereka bisa. Celaka, lantaran mereka menguasai
segala perangkat untuk berkuasa: pembentuk opini, senjata, dana, dan
ke-julig-an.
Pada titik inilah, di kuping Kiai Budi Harjono
terngiang-ngiang tembang “Caping Gunung” karya Gesang Martohartono.
Dengarlah, dengar, lagu itu.
Dhek jaman berjuang
Njur kelingan anak lanang
Biyen tak-openi
ning saiki ana ngendi
Jarene wis menang
Keturutan sing digadhang
Biyen ninggal janji
ning saiki apa lali
Ning gunung
Takjadhongi sega jagung
yen mendung
Taksilihi caping gunung
Sokur bisa nyawang
Gunung desa dadi reja
Dene ora ilang
Nggone padha lara lapa.
Tembang
itu mengingatkan, betapa pada masa perjuangan merebut kemerdekaan,
siapa pula yang memberi makan para pejuang? Ke mana pula para pemuda –
yang kelak, setelah negeri ini merdeka: menjadi para pemimpin di
pemerintahan, di ketentaraan, di kepolisian, di segenap lapangan
kehidupan – yang dulu diberi tempat, diberi makan, diberi perlindungan
oleh para petani, oleh para nelayan, oleh orang-orang desa di berbagai
pelosok negeri ini? Setelah negeri ini merdeka, terbebas dari
cengkeraman penjajahan Belanda dan Jepang, bagaimana pula mereka
mewujudkan janji kemerdekaan itu? Benarkah kehidupan yang makmur
berkeadilan dan adil berkemakmuran telah dirasakan segenap petani,
segenap nelayan, segenap buruh, setiap penduduk di berbagai pelosok
negeri ini?
Saat itulah, pada gelombang yang sama, telinga saya mendengar Leo Kristi mendendangkan “Salam dari Desa”. Simaklah.
Kalau ke kota esok pagi sampaikan salam rinduku
Katakan padanya padi-padi telah kembang
Ani-ani seluas padang
Roda giling berputar-putar siang-malam
Tapi bukan kami punya
Kalau ke kota esok pagi sampaikan salam rinduku
Katakan padanya tebu-tebu telah kembang
Putih-putih seluas padang
Roda lori berputar-putar siang-malam
Tapi bukan kami punya
Anak-anak kini telah pandai menyanyikan gema merdeka
Nyanyi-nyanyi bersama-sama di tanah-tanah gunung
Anak-anak kini telah pandai menyanyikan gema merdeka
Nyanyi-nyanyi bersama-sama tapi bukan kami punya
Tanah pusaka tanah yang kaya
Tumpah darahku di sana kuberdiri
Di sana kumengabdi dan mati dalam cinta yang suci
Kalau ke kota esok pagi sampaikan salam rinduku
Katakan padanya nasi tumbuk telah masak
Kan kutunggu sepanjang hari
Kita makan bersama-sama berbincang-bincang
Di gubuk sudut dari desa.
Namun, sekejap kemudian, dari radio tetangga keras bersipongang lagu dangdut “Alamat Palsu” Ayu Tingting.
Ke mana ke mana ke mana
Kuharus mencari ke mana
Kekasih tercinta tak tahu rimbanya
Lama tak datang ke rumah
Di mana di mana di mana
Tinggalnya sekarang
Di mana
Ke sana-kemari membawa alamat
Namun yang kutemui bukan dirinya
Sayang yang kuterima alamat palsu
Kutanya sama teman-teman semua
Tetapi mereka bilang tidak tahu
Sayang mungkin diriku sudah tertipu
Membuat aku frustasi dibuatnya.
Entah
kenapa, lagu dangdut yang oleh banyak kawan dibilang ecek-ecek itu,
dalam penerimaan kuping saya mengingatkan pada banyak kasus ketika para
petani, buruh, nelayan, pedagang kaki lima merasa telah salah alamat
saat mengadukan nasib ke parlemen. Mereka semula beranggapan anggota
parlemen adalah wakil mereka, yang telah, sedang, dan akan selalu
memperjuangkan harkat hidup mereka untuk bisa hidup lebih nyaman, lebih
aman, lebih makmur, lebih adil. Namun ternyata, ketika mereka mengadu,
para anggota perlemen yang terhormat itu justru menutup pintu. Gedung
parlemen, rumah rakyat, itu pun dipagar tinggi, megah, dan angkuh!
Dan,
pada saat-saat seperti itu, di manakah kita berada? Apa yang kita
lakukan? Untuk diri sendiri atau buat kenyamanan hidup bersama?
Apalagi
ketika kita tahu bahwa ketika menanam para petani pun menyadari benar
telah menyebar racun menuai racun? Lantaran, bukan perkara gampang bagi
mereka melepaskan diri dari jerat pola tanam dan kendali mutu serta
pemasaran yang dipaksakan sejak Orde Baru. Ketika para nelayan makin
lama kian hanya bisa melaut di perairan dangkal – lantaran keterbatasan
modal, sehingga tak mungkin memutakhirkan peranti bekerja – dan di
perairan dalam bertebaran jaring trawl yang menghabisi ikan sampai ke
segala benih. Laut kita sesungguh benar telah dirampok para tauke, yang
mencuri ikan di hamparan samudra negeri ini.
Lihatlah, pegawai negeri
sipil kita pun memperoleh ejekan sebagai eksponen pegawai nihil setoran
(PNS) lantaran kelembaman birokrasi yang masih juga bersemboyan: jika
bisa mempersulit, kenapa mesti mempermudah pelayanan? Dan, para pedagang
pun saling memangsa, sehingga bertebaranlah toko-toko eceran bermodal
besar dengan sistem waralaba – yang melibas melindas toko kelontong dan
warung mracangan berskala kecil milik rakyat jelata. Kebertebaran toko
eceran bermodal besar itu ke berbagai pelosok desa lantaran
ketidakpedulian para pemegang dan penentu kebijakan publik terhadap
ruang hidup usaha kerakyatan.
Apa pula yang dipelajari para siswa dan
mahasiswa? Bukankah mereka diajari untuk memisahkan segala ilmu,
pengetahuan, dan teknologi di dunia pendidikan formal dari kejujuran,
yang seharusnya merupakan variabel determinan dalam kehidupan? Atau,
semestinya kejujuran menjadi basis kesadaran dalam kehidupan bersama
bukan? Keadaan bahkan nyaris tak berubah dari 36 tahun lampau,
sebagaimana dilukiskan W.S. Rendra dalam sebuah sajak.
Sajak Sebatang Lisong
Menghisap sebatang lisong,
melihat Indonesia Raya,
mendengar 130 juta rakyat,
dan di langit
dua tiga cukong mengangkang,
berak di atas kepala mereka.
Matahari terbit.
Fajar tiba.
Dan aku melihat delapan juta kanak-kanak
tanpa pendidikan.
Aku bertanya,
tetapi pertanyaan-pertanyaanku
membentur meja kekuasaan yang macet,
dan papan tulis-papan tulis para pendidik
yang terlepas dari persoalan kehidupan.
Delapan juta kanak-kanak
menghadapi satu jalan panjang,
tanpa pilihan,
tanpa pohonan,
tanpa dangau persinggahan,
tanpa ada bayangan ujungnya.
……………………………..
Menghisap udara
yang disemprot deodorant,
aku melihat sarjana-sarjana menganggur
berpeluh di jalan raya:
aku melihat wanita bunting
antri uang pensiun
Dan di langit:
para teknokrat berkata:
bahwa bangsa kita adalah malas,
bahwa bangsa mesti dibangun,
mesti di-up-grade,
disesuaikan dengan teknologi yang diimport.
Gunung-gunung menjulang.
Langit pesta warna di dalam senjakala.
Dan aku melihat
protes-protes yang terpendam,
terhimpit di bawah tilam.
Aku bertanya,
tetapi pertanyaanku
membentur jidat penyair-penyair salon,
yang bersajak tentang anggur dan rembulan,
sementara ketidak-adilan terjadi di sampingnya,
dan delapan juta kanak-kanak tanpa pendidikan
termangu-mangu di kaki dewi kesenian.
Bunga-bunga bangsa tahun depan
berkunang-kunang pandang matanya,
di bawah iklan berlampu neon.
Berjuta-juta harapan ibu dan bapa
menjadi gebalau suara yang kacau,
menjadi karang di bawah samodra.
…………………………………………….
Kita mesti berhenti membeli rumus-rumus asing.
Diktat-diktat hanya boleh memberi metode,
tetapi kita sendiri mesti merumuskan keadaan,
Kita mesti keluar ke jalan raya,
keluar ke desa-desa,
mencatat sendiri semua gejala,
dan menghayati persoalan yang nyata.
Inilah sajakku.
Pamplet masa darurat.
Apakah artinya kesenian,
bila terpisah dari derita lingkungan.
Apakah artinya berpikir,
Bila terpisah dari masalah kehidupan.
19 Agustus 1977
Menyerikan
bukan? Apalagi negeri ini pun seperti dililit spiral kekerasan.
Bukankah Anda tahu belaka betapa setiap pergantian kekuasaan di negeri
kita nyaris selalu berlangsung secara berdarah-darah? Tahun 1998 saja,
berapa korban berjatuhan? Dan, berapa kaum perempuan saudara kita dari
etnis China diperkosa, yang sampai hari ini pun tak pernah pemerintah
menjelaskan perkara itu: siapa salah, siapa dihukum. Kita sudah amat
berpengalaman mengganti penguasa yang bebal hati dan pikiran dengan cara
seperti itu, tetapi hasilnya: di tengah jalan selalu ditebas oleh para
pencoleng kekuasaan.
Kini, apakah justru bukan saatnya bagi kita mencari dan menerapkan cara yang soft,
cara yang lembut, cara yang elegan -- yang tidak berdarah-darah? Apakah
para cerdik cendekia tak bisa menulis, tak bisa bersekutu, berserikat,
lalu misalnya mengajukan resolusi? Apakah mahasiswa tak bisa menyuarakan
pendapat, tanpa harus menjadikan demonstrasi sebagai satu-satunya
pilihan, jika memang takut menghadapi pentungan?
Apakah kekerasan
menjadi satu-satunya pilihan, sehingga ada kawan menyarankan kemungkinan
penggunaan senapan? Tak bisa dan tak maukah kita, sebagai bangsa,
belajar mengelola kehidupan bersama ini secara elegan, tanpa saling
mematikan hak hidup sesama?
Sementara itu, sekelompok orang yang
tergabung dalam sebuah forum penyelamat umat – katanya – terkekeh seraya
menyatakan, enak benar hidup di negeri ini. Ya, enak benar hidup di
negeri ini. Betapa tidak! Siapa pun bisa membunuh, tanpa dihukum. Siapa
pun bisa menyerbu dan menghancurkan rumah dan tempat ibadah, tanpa
pengadilan: siapa salah, siapa korban yang mesti dipulihkan hak dan
martabatnya. Siapa pun boleh memainkan peran berdasar pilihan: siksa,
basmi, dan pukul tanpa tersentuh hukum. Siapa pun boleh korupsi, tanpa
kehilangan harga diri dan kehormatan. Siapa pun boleh meruntuhkan
gunung, membabat hutan, membelah sungai, menguruk lautan, berdalih
kemakmuran bersama, sembari mematikan hak hidup saudara sebangsa. Siapa
pun boleh menjiplak, tanpa perasaan bersalah. Siapa pun boleh berdusta,
seraya tetap merasa telah berlaku jujur. Siapa pun boleh dan bisa....
Ketika
kekerasan menjadi cara, menjadi modus, tunggal penaklukan melalui
aparatus kekerasan – atau pinjam tangan milisi, yang dibina dan dibiayai
-- sesungguhnya pemerintah telah mengkhianati rakyat. Menjadi makin
jelas: keabsahan atau lebih tepat kelestarian kekuasaan pun bertumpu
pada teror, pada honor, yang menemu wujud yang kasatmata.
Tak ada kata lain, kebusukan dan dusta mesti dibongkar. Ya, “Bongkar” Iwan Fals patut terus dinyanyikan bukan?
Kalau cinta sudah dibuang
Jangan harap keadilan akan datang
Kesedihan hanya tontonan
Bagi mereka yang diperkuda jabatan
Oh oh ya oh ya oh ya bongkar
Oh oh ya oh ya oh ya bongkar
Sabar sabar sabar dan tunggu
Itu jawaban yang kami terima
Ternyata kita harus ke jalan
Robohkan setan yang berdiri mengangkang
Oh oh ya oh ya oh ya bongkar
Oh oh ya oh ya oh ya bongkar
Oh oh ya oh ya oh ya bongkar
Oh oh ya oh ya oh ya bongkar
Penindasan serta kesewenang-wenangan
Banyak lagi teramat banyak untuk disebutkan
Hoi hentikan hentikan jangan diteruskan
Kami muak dengan ketidakpastian dan keserakahan
Di jalanan kami sandarkan cita-cita
Sebab di rumah tak ada lagi yang bisa dipercaya
Orang tua pandanglah kami sebagai manusia
Kami bertanya tolong kau jawab dengan cinta
Oh oh
Oh oh ya oh ya oh ya bongkar
Oh oh ya oh ya oh ya bongkar
Oh oh ya oh ya oh ya bongkar
Oh oh ya oh ya oh ya bongkar
Kok bisa?
Bisa kok!
Kini,
apalagi yang tersisa: dalam benak, dalam hati, dalam nurani kita?
Apakah kita bakal manda diam saja, tak tergerak untuk terlibat dalam
perubahan ke arah kehidupan bersama yang lebih menyamankan bagi semua?
Tak merasa tersindir juga oleh mendiang Mbah Surip lewat lagu “Bangun
Tidur”-nya? Simaklah.
Hey bangun kerja
Ha ha ha ha ha
Ha ha ha ha ha
Ok I love you full
Bangun tidur tidur lagi
Bangun lagi tidur lagi
Bangun... tidur lagi
Ha ha ha ha
Bangun tidur tidur lagi
Bangun lagi tidur lagi
Bangun... tidur lagi
Ha ha ha ha
Habis bangun terus mandi
Jangan lupa senam pagi
Kalau lupa... tidur lagi
Ha ha ha ha
Barang siapa yang ingin hidup
Awet muda, bahagia di dunia ini
Kurangi tidur banyakin ngopi
Ha ha ha ha
I love you full
Bangun tidur tidur lagi
Bangun lagi tidur lagi
Bangun... tidur lagi
Ha ha ha ha
Bangun tidur tidur lagi
Bangun lagi tidur lagi
Bangun... tidur lagi
Ha ha ha ha
Habis bangun terus mandi
Jangan lupa senam pagi
Kalau lupa... tidur lagi
Ha ha ha ha
Habis bangun terus mandi
Jangan lupa senam pagi
Kalau lupa... tidur lagi
Ha ha ha ha
Kalau lupa... tidur lagi
Ha ha ha ha
Kalau lupa... tidur lagi
Ha ha ha ha
Kalau lupa... tidur lagi
Ha ha ha ha
Kalau lupa... tidur lagi
Ha ha ha ha
Edan.
Ya,
apakah kita sudah sedemikian edan, sudah sedemikian gila, sehingga
hanya tidur dan tidur lagi? Atau, kalaupun bangun cuma ngopi dan ngopi
lagi, untuk kembali tidur kembali?
Langkah sederhana bisa kita mulai,
semampu kita, sebisa kita. Begitulah tekad Kiai Budi. Dan, saya
mengamini. “Menanam, mari kita menanam!” ujar dia dengan wajah berbinar,
dengan senyum tipis mengembang. Serentak saya pun teringat lagu
“Menanam Jagung” karya Ibu Sud, yang acap saya nyanyikan ketika bocah.
Ayo kawan kita bersama
menanam jagung di kebun kita
ambil cangkulmu, ambil pangkurmu
kita bekerja tak jemu-jemu
cangkul, cangkul, cangkul yang dalam
tanah yang longgar jagung kutanam
beri pupuk supaya subur
tanamkan benih dengan teratur
jagungnya besar lebat buahnya
tentu berguna bagi semua
cangkul, cangkul, aku gembira
menanam jagung di kebun kita.
Menjadi
petani, menjadi pekebun, menjadi penanam adalah juga menjadi manusia
mandiri bukan? Bukankah itu yang sudah diperlihatkan dan dibuktikan
Gunretno, kawan kita eksponen Sedulur Sikep Sukolilo, Pati? Itu pula
jalan sunyi yang ditempuh Munasikin, pemuda Limbangan, Kendal, bukan?
Jalan Sunyi Petani Gaul
SIMON.
Begitulah nama lelaki berperawakan kecil, berambut panjang terkuncir
ekor kuda, yang berkesan pendiam itu. Namun begitu berbicara tentang
tanaman, Munasikin – itulah ternyata nama asli pemberian orang tuanya,
pasangan almarhum Abdurrohman dan Maryam – seperti tak pernah kehabisan
energi. Ya, kecintaan lajang kelahiran Kendal, 17 Februari 1976, itu
pada tanaman dan tentu saja tanah tempat tumbuh tanaman sebegitu besar.
Meski, menurut pengakuan anak kedua dari tujuh bersaudara itu, kecintaan
tersebut bermula dari keterpaksaan.
Lulus SMA, dia melanjutkan
pendidikan ke sebuah sekolah tinggi ekonomi di Kota Semarang. Namun
belum genap satu semester, dia merasa bosan. “Ya, saya bosan. Mungkin
karena bawaan saya ingin selalu bergerak, ingin berbuat sesuatu secara
nyata,” ujar si Mun.
Ah ya, di kampungnya, Gempol, Desa
Ngesrepbalong, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal, sapaan dia memang
si Mun atau Mas Mun. Dari sapaan si Mun itulah, kemudian, kawan-kawan
aktivis lingkungan dalam lingkar pergaulannya menyapa dia: Simon. Dan,
seperti kebetulan sekeluar dari bangku kuliah, si Mun, remaja dari
kampung di ketinggian Lereng Medini itu, berkenalan dengan seseorang dan
diajak merawat anggrek.
Jatuh Cinta
Bermula dari coba-coba, lalu
jatuh cinta. Simon pun merawat anggrek kepunyaan orang lain sepenuh
cinta. Karena, dia memperoleh kesadaran bahwa kecintaan pada anggrek,
dan kemudian kecintaan pada segala rupa tanaman, adalah upaya memuliakan
sang Pencipta Kehidupan.
Kecintaan itu pula yang mendorong dia
mengikuti berbagai pelatihan segala rupa tentang pertanian antara lain
di Bandung, Bogor, Malang, Yogyakarta, Magelang, dan Temanggung. Hingga,
suatu saat, dia pun memutuskan sepenuh seluruh hidup dari tanaman:
menjadi petani.
Namun dia tak ingin menjadi petani “biasa-biasa”
saja, yang acap digambarkan sebagai sosok ndesit. Gambaran umum:
bercelana kolor lusuh, berkaus seadanya, dengan pengetahuan bercocok
tanam (mungkin saja luar biasa piawai, tetapi toh berkesan tak terdidik
yang) diperoleh secara turun-temurun, tani utun. Dia ingin menjadi
petani gaul. Itulah petani yang memiliki bekal pengetahuan, pemahaman,
dan wawasan tentang dunia pertanian di tengah pergerakan perekonomian.
Karena itu petani tidak seharusnya selalu jadi objek, yang terus-menerus
hidup secara subsisten. Petani mesti mampu keluar dari jerat lingkaran
setan yang memuncak pada: produsen padi yang membeli beras lebih mahal
dari gabah yang mereka jual.
Selain itu, kata dia, petani juga mesti
paham betapa tanahlah sebenarnya yang jadi fokus garapan. Tanaman yang
subur tak selalu identik tumbuh di atas tanah subur – karena digelontor
dengan berbagai obat, pupuk, pestisida, insektisida kimiawi. Namun tanah
yang subur, tutur dia, pasti menghasilkan tanaman yang subur. Maka
memurnikan tanah, mengembalikan tingkat kesuburan tanah menjadi komitmen
dia. Visi yang seiring sejalan dengan konservasi alam itulah yang
memantapkan tekad dia menjadi petani tanaman organik.
Memurnikan Tanah
Dia
menuturkan, petani penggarap atau buruh tani tak seharusnya
terus-menerus mengeluh tak punya tanah, tanpa langkah nyata. Untuk
mengatasi keterbatasan kepemilikan lahan, salah satu pilihan adalah
menyewa lahan. “Jika tak mampu sendirian, bentuk kongsi. Bersama
beberapa kawan, menyewa sepetak lahan, lalu garap dan kelola sepenuh
hati,” ucap dia.
Di kampungnya, dia menggarap lahan bengkok salah
seorang adiknya yang jadi perangkat desa. Di lahan 8.000 m2 itu, dia
menanam padi organik. Banyak kawan petani menyindir-nyindir dia.
“Semprot terus! Semprot terus! Apa gak kesel (tak capek)?” begitulah
ucap mereka melihat dia setiap 10 hari menyemprotkan antihama dan
antigulma pada tanaman padi.
“Antihama pada padi organik saya buat
sepenuhnya dari bahan alami. Memang tak langsung membunuh hama.
Pestisida alami tak bekerja secara instan. Jadi perlu penyemprotan
secara ajek dan periodik. Tak seperti obat-obatan kimiawi, sekali
semprot selama masa tanam,” kata Simon.
Pola tanam pun berbeda. Tidak
padi, padi, padi. Namun dia memilih padi, lombok, jagung, padi. Begitu
seterusnya. “Intinya menggarap tanah dulu, mengembalikan tingkat
keasaman (pH) tanah, memperkuat unsur hara. Sebab, setelah pemakaian
serbakimia, tanah menjadi kurus; kedalaman sekilan lebih saja tanah
sudah sangat keras,” tutur dia.
Bagaimana hasilnya? “Hasil produksi
dari satuan lahan yang sama relatif sama. Cuma, bedanya, saya bisa
menjual beras organik dua kali lipat lebih mahal, setidak-tidaknya Rp
12.000/kg.”
Jadi, lanjut dia, penghasilan yang diperoleh dari
penanaman padi organik lebih besar. Pasar pun terbuka karena kini muncul
kecenderungan di kalangan tertentu untuk mengonsumsi segala yang alami –
sebagai bagian dari kesadaran ideologis kembali ke alam.
Kesungguhan
berbekal kecintaan membuat dia tangguh. Meski ibarat melangkah di jalan
sunyi – lantaran tak ada kawan petani sekampung yang mengikuti jejaknya
menanam padi organis – dia terus berjalan. “Kini lahan garapan di
kampung saya tanami lombok. Padi dan jagung sudah sepenuhnya organik,
tetapi lombok secara proporsi baru 70-an persen organik. Obat antihama,
yang saya kembangkan lewat pembiakan mikroorganisme, belum sepenuhnya
alami. Namun saya proyeksikan, sedikit demi sedikit menjadi sepenuhnya
organis,” katanya.
Dari mana sumber belajar sang petani autodidak
itu? “Membaca, bertanya pada siapa pun, dan browsing di internet,” sahut
dia seraya tersenyum.
Kesungguhan dia bekerja pun berbuah. Beberapa
kawan mengajak dia bekerja sama, mengelola kebun di berbagai tempat.
Kini, dia menjadi “koordinator kebun” di lahan sewaan di Ngesrepbalong
yang ditanami sengon dan lombok serta di kawasan Gunungpati (Kota
Semarang) dan Ungaran (Kabupaten Semarang) yang ditanami jagung manis
berganti-ganti dengan lombok.
“Lahan di Ngesrepbalong itu semula
ditanami tebu. Tanah menjadi kurus, kehilangan unsur hara. Saya harus
menormalkan dulu pH tanah agar kembali gembur, kembali subur,” ucap dia.
Kini,
dia bersyukur beberapa petani di kampungnya bersedia membuat pupuk dan
pestisida alami. Dia yakin, suatu saat, mereka bakal melihat bukti bahwa
pertanian organik adalah keniscayaan, suatu pilihan cerdas, jika petani
ingin sejahtera. Menjadi petani yang tidak selalu jadi objek penderita
dalam tata niaga pertanian yang terkontrol pemilik modal besar.
Jalan
yang dia tempuh memang sunyi. Sesunyi suasana alam di lahan-lahan yang
dia garap. Karena itulah dia sesungguhnya enggan dipublikasikan. “Saya
tak mau dianggap mencari popularitas,” katanya. Namun bukankah kisah
anak-anak muda yang berani menempuh jalan berbeda, jalan yang lebih
memuliakan kehidupan, patut dikedepankan? Siapa tahu bisa jadi pemantik
minat sesama untuk, misalnya, menjadi petani seperti Anda? Simon cuma
terdiam, lalu kembali mengucap lirih, ”Saya malu karena belum sepenuhnya
berbuat bagi banyak orang. Masih bergulat, menekuni pekerjaan sebagai
petani ini, sebagai peneguh bahwa saya bisa hidup tanpa harus bergantung
pada kekuatan lain, kecuali pada rida Allah.”
Ah, indah, sesungguh
benar indah bila banyak dan makin banyak anak muda bersikap seperti dia.
Tak takut menyusuri jalan sunyi sebagai petani, di luar hiruk-pikuk dan
gemebyar kehidupan kota.
***
TENTU menanam tak harus
dipahami secara harfiah sebagai semata-mata bertani bukan? Lihatlah,
Soesilo Toer. Lelaki gaek, doktor lulusan Institut Plekhanov Rusia –
yang menyorongkan “jalan ketiga” dalam disertasinya, jauh sebelum
Anthony Giddens menuliskan The Third Way: The Renewal of Social
Democracy (1998) – itu pun bertanam: di kota kecil di tepian hutan jati,
Blora. Ya, selain sesungguh benar menanam seribuan pohon jati di kebun,
dia mendirikan dan mengelola Perpustakaan Pramoedya Ananta Toer Anak
Semua Bangsa (Pataba). Dari perpustakaan yang menempati bangunan eks
dapur di rumah warisan sang bapak, Mastoer, adik keenam Pramoedya Ananta
Toer itu terus membenih dan menyemaikan bibit kepenulisan pada siapa
saja, terutama di kalangan pelajar, di kalangan kaum muda. Dia bertanam
kepenulisan! Dia bergerak di ladang literasi, bercangkul pena, berpupuk
buku dan buku dan buku.
***
Soesilo Toer Ingin Jadi Pemulung Profesional
DIA
terhitung pendek, tak lebih dari 160 cm, dengan wajah bercambang
keputihan. Dan, dia tak lagi muda. Kini, dia berusia 76 tahun. Namun
jangan menyangka dia lemah. Macam keladi, tua-tua makin menjadi. Berkali
ulang dia, misalnya, bersepeda motor berboncengan dengan sang istri,
pergi-pulang dari Blora ke rumah mertua di Yogyakarta. Juga saat menjadi
narasumber di Semarang, Kudus, atau Surabaya, dia pun berboncengan
sepeda motor. Lagi-lagi dengan sang istri.
Fisik oke. Psikis?
Diehard, keras kepala! Dia pun keras kemauan, keras bersikap, menghadapi
tantangan kehidupan. Pada usia, yang kebanyakan orang lebih memilih
duduk manis menikmati masa senja dalam kehidupan, dia justru tak
henti-henti bekerja: mencangkul, memulung, menulis, dan memotivasi siapa
pun untuk menulis dan terus menulis. Dan, itu dia lakukan di sebuah
rumah tua di pojok kota, di Jalan Sumbawa, Jetis, 40 Blora.
Di
pekarangan rumah itulah, di lahan seluas lebih dari 3.000 m2, dia
menanam ratusan pohon jati. Dia juga menanam berbagai pohon buah dan
tanaman yang bisa dimanfaatkan sebagai sayur dan obat-obatan. Di rumah
itulah dia membangun perpustakaan. Dan, di perpustakaan itulah dia
menerima dan menjamu para tamu, tua dan muda, dari berbagai pelosok
kota, dari berbagai negara. Dari empat benua sudah, para tamu
berdatangan. Tinggal dari Benua Afrika yang belum.
Para tamu itu
datang untuk membaca, belajar menulis, meneliti, atau berkonsultasi
tentang naskah mereka. Semua dia terima dengan lapang hati, lapang dada.
“Siapa
pun yang datang ke perpustakaan ini bisa meminjam buku. Gratis. Jika
haus, saya suguhi minuman. Saat kami makan, mereka pun saya ajak makan.
Jika ingin mengingap, ada kamar tersedia bagi mereka. Itulah kamar kakak
tertua saya tidur tahun-tahun belakangan sebelum dia meninggal dunia.
Mana ada perpustakaan lain semacam itu?” ujar dia seraya tersenyum,
tanpa bermaksud jumawa.
Perpustakaan Liar
Upaya sepele,
sederhana? Boleh jadi. Namun, jika Anda tahu, itu bukan pencapaian
sederhana. Sejak mula dia membangun perpustakaan itu sampai kini, masih
ada saja pejabat pemerintahan di kabupaten penghasil kayu jati terbaik
di dunia itu yang menyebut perpustakaan yang di kelola sebagai,
“Perpustakaan liar!” Karena pandangan sang pejabat itulah, perpustakaan
yang dia kelola gagal memperoleh block grant Rp 200 juta dari
Kementerian Pendidikan Nasional tahun 2010. “Saat itu saya butuh
rekomendasi dari Dinas Pendidikan sebagai salah satu syarat untuk
menerima bantuan. Namun rekomendasi tak pernah keluar karena, ya itu
tadi, perpustakaan ini dikategorikan perpustakaan liar!” katanya.
Liar
karena apa? Tak berizin? Kepada siapa kita mesti meminta izin
mendirikan perpustakaan – bagian dari upaya mencerdaskan bangsa?
Bukankah perpustakaan, dan kemudian penerbitan nonkomersial, yang dia
bangun bersemboyan: masyarakat Indonesia membangun adalah masyarakat
Indonesia membaca menuju masyarakat Indonesia menulis. Jadi, maaf,
terlibat upaya pencerdasan masyarakat lewat pendirian perpustakaan
merupakan tindakan ilegal? Masya Allah!
Namun itulah cap buruk
(stigma) yang distempelkan kepada dia. Stigma “sepele” memang, tetapi
itu mempertebal stigma sebelumnya: eks tahanan politik (tapol) 1965.
Stigma itu terus melekat sampai kini. Meski sudah kenyang menerima
perlakuan tak adil yang berdasar prasangka stigmatik itu, tampaknya
sepanjang hayat pula dia mesti terus melawan siapa pun yang
memperlakukannya berdasar prasangka bahwa karena pernah ditahan setelah
pertikaian politik 1965, dia pasti bersalah. Dan orang bersalah tak
berhak berbuat apa pun, meski mungkin perbuatan itu berguna bagi orang
lain.
“Dulu, di Bekasi, sebelum pulang ke Blora, saya diarak dan
disoraki, ‘PKI! PKI!’ . Ya, seperti di sinetron-sinetron itu. Saat itu
ada yang mengatakan, ‘Kamu PKI!” Saya bilang, saya tidak PKI. Tak
percaya? Lalu saya lepas celana panjang saya untuk menunjukkan pada
mereka. ‘Lihat, lihat! Saya tidak pake kolor item!’ Bukankah mereka
punya pengertian PKI itu pake kolor item. Saat itu kolor saya merah,”
katanya sambil tertawa masam.
Itu terjadi gara-gara dia tak bisa
menerima begitu saja warung kelontongnya digusur. Penggusuran terjadi
berkali ulang. Mula-mula warungnya, kemudian rumah tempat tinggalnya.
Dia memang kalah, tetapi tak pernah menyerah.
Tahun 2004, dia
memboyong anak dan istrinya, Benee Santoso (kini 22 tahun dan telah
bekerja di Jakarta) dan Suratiyem (46), pulang ke Blora dan menempati
rumah keluarga besar, warisan dari sang bapak, Mastoer. Di kota
kelahirannya tak berarti dia terbebas dari perlakuan diskriminatif dan
penilaian miring. Namun dia tak peduli. Dia bertekad menjadikan rumah
warisan keluarga itu menjadi ruang publik bagi pengembangan seni,
budaya, dan intelektualitas. Dan, itu seperti peran rumah itu dulu,
tahun 1930-1950, ketika menjadi titik simpul pergerakan melawan
pemerintahan kolonial Belanda dan Jepang.
Menulis dan Terus Menulis
Kini,
di dan dari rumah di pojokan kota itulah dia – dibantu banyak eksponen
muda – melancarkan gerakan: mencerdaskan masyarakat lewat membaca dan
menulis. Ya, di rumah itulah dia acap menyelenggarakan acara diskusi dan
bedah buku. Dia menggelar pula, antara lain, Festival Kali Lusi (2008),
Seribu Wajah Pram dalam Kata dan Sketsa (2009), Panggil Aku Kartini
Saja (peringatan empat tahun meninggalnya Pramoedya Ananta Toer, 2010).
Berbagai acara itu melibatkan banyak komunitas seni dari berbagai kota.
Acara Seribu wajah Pram, misalnya, didukung oleh 53 komunitas dari
berbagai penjuru negeri dan melibatkan banyak seniman, antara lain
mendiang dalang Tristuti Rachmadi, Djoko Pekik, dan Romo Sindhunata.
Setahun
lalu, dia menyelenggarakan lomba menulis bagi pelajar setingkat SMP dan
SMA se-Kabupaten Blora. Peserta membeludak. Bukan cuma dari kota kecil
itu. Tak sedikit pula pelajar dari Kendal, Jember, Denpasar – untuk
menyebut beberapa kota – mengikuti lomba. Lalu dia, bersama Hermawan
Widodo, menyunting naskah para peserta dan menerbitkannya menjadi buku.
Buku pertama dari rencana tujuh buku dia beri judul Kumpulan Tulisan
Terpilih Karya Anak Semua Bangsa (Pataba Press, Blora: 2011), berisi
puisi dan cerpen hasil pilihan lomba menulis tahun 2011.
“Untuk
menjadi bangsa yang maju, kita harus membangun kebiasaan membaca dan
menulis. Dan, perpustakaan ini dengan segala kegiatan pendukungnya
menjadi salah komponen pencerdasan bangsa itu,” tutur dia.
Apakah
gerakan itu bakal tergusur pula? Tergusur oleh kepongahan kekuasaan?
Sebagaimana dia sendiri terus-menerus tergusur dalam laku hidup semenjak
muda?
Dia tak peduli. Sampai hari ini, dia tetap melangkah tanpa
henti: untuk mengajak kaum muda gemar membaca dan menulis. Karena
itulah, untuk memperingati hari kematian sang kakak sulung, Pramoedya
Ananta Toer, bulan April lalu, dia melalui Perpustakaan Pramoedya Ananta
Toer Anak Semua Bangsa (Pataba) menyelenggarakan lagi lomba tingkat
nasional menulis prosa dan puisi bagi pelajar SMP dan SMA serta yang
sederajat. Dia menyediakan hadiah jutaan rupiah bagi para pemenang serta
bakal membukukan naskah para pemenang.
Pram dari Dalam
Selain
itu, dia juga menulis buku Pram dari Dalam, yang diterbitkan Gigih
Pustaka Mandiri (2013). Buku yang dia dedikasikan untuk sang kakak itu
berisi tentang banyak kisah kenangan yang mengunjukkan betapa Pramoedya –
yang tujuh kali berturut-turut dicalonkan menerima Hadiah Nobel bidang
kesusastraan – adalah manusia biasa. Ya, manusia yang memiliki berbagai
kelemahan di balik kelebihan yang begitu menggetarkan bukan hanya
novelis, melainkan juga sebagai pejuang keadilan dan kebebasan
berekspresi. Kesaksian dari sang adik tersayang itu bisa memberikan
latar belakang lebih komplet dan mendalam untuk menikmati karya-karya
sastra Pramoedya, termasuk tetralogi Pula Buru: Bumi Manusia, Anak Semua
Bangsa, Jejak Langkah, Rumah Kaca.
“Saya merasa berkejaran dengan
waktu. Kini saya sudah 76 tahun. Mungkin tak banyak lagi waktu bagi
saya. Namun saya tak akan berhenti menulis. Masih akan ada buku yang
saya tulis, termasuk lanjut Pram dari Dalam,” ujar Soesilo Toer.
Ya,
itulah nama lelaki tua yang masih pengkuh itu. Soesilo, kelahiran Blora
tahun 1937, adalah lulusan Universitas Patric Lumumba (S2) dan Institut
Plekhanov (S3) – keduanya di Uni Soviet (sekarang Rusia). Menjadi
penulis, dosen, bahkan rektor pernah dia alami. Kini dia, yang juga
pernah berjualan apa saja, terlebih setelah keluar dari tahanan Orde
Baru – tanpa pembuktian kesalahan, berkait dengan peristiwa politik
1965, bangga menyebut diri berprofesi sebagai pemulung. Mungkin dialah
satu-satunya orang bergelar doktor yang menjadi pemulung. “Saya memulung
apa saja. Saya memulung kata-kata menjadi tulisan. Saya memulung mur,
baut, gunting, pisau, palu, arit, atau apa saja yang saya temukan di
jalan. Saya ingin, nanti, para peringatan tujuh tahun meninggalnya Pram,
memamerkan semua hasil perburuan saya,” ujar dia, tanpa bermaksud
bercanda.
“Namun saya belum menjadi pemulung profesional. Kalau Anda
ingin membantu saya menjadi pemulung profesional, buanglah kalung atau
cincin emas Anda dan biarlah saya menemukannya. Menemukan emas sebagai
hasil memulung, itulah pertanda sebagai pemulung profesional. Pemulung
adalah manusia yang mampu menciptakan nilai tambah absolut dari
ketiadaan modal sama sekali,” kata dia, saat syukuran peringatan hari
lahir Pramoedya (6 Februari 1924) di Blora, Minggu, 10 Februari lalu.
Peringatan
hari lahir Pram sekaligus syukuran penerbitan buku Pram dari Dalam itu
dihelat di rumah tua warisan Mastoer, sang bapak. Acara bertajuk
“Mengenang Pram dari Dalam” itu dihadiri para pembaca dan penggemar
karya Pram dari berbagai kota. Ya, berdatangan dari Cepu, Randublatung,
Kradenan, Ngawen – semua kota-kota kecamatan di Kabupaten Blora, serta
dari Rembang, Pati, Kudus, Semarang, Yogya, dan lain-lain. Di antara
kebanyakan kaum muda itu terselip pula beberapa lelaki dan perempuan
sepuh. Mereka adalah eks tahanan di Pulau Buru, yang dekat dengan
Pramoedya saat berada di pulau pengasingan tersebut.
Pada malam itu,
mengemuka kesaksian mereka mengenai perjumpaan dengan Pram atau dengan
karya sang novelis. Bambang Soekotjo dari Pati, misalnya, menceritakan
kedekatan yang terjalin dengan Pram sewaktu di Pulau Buru. Budi Maryono,
penulis cum penerbit, berkisah tentang perjumpaan sembunyi-sembunyi
dengan karya-karya Pram pada masa Orde Baru berjaya serta perjumpaan
dengan Pram secara fisik yang amat membekas dalam kenangan.
Berkisah
pula Muhamad Burhanudin, dosen Fakultas Bahasa dan Seni Universitas
Negeri Semarang (Unnes), yang datang bersepeda motor sendirian menembus
hujan lebat dari Yogyakarta ke Blora semata-mata untuk menghadiri
perhelatan sederhana itu. Ada pula suami-istri muda, yang sedang
merintis sebuah perpustakaan publik di Semarang, Afida Mashitoh dan Asep
Mufti. Mereka menyatakan amat terinspirasi oleh karya-karya Pram. Dan,
lewat pembacaan atas karya-karya Pram pula mereka bisa memahami sejarah
bangsa ini secara utuh. Sejarah yang hadir tidak secara sepotong-potong,
sejarah yang hadir dengan “tulang dan daging dan darah”.
Malam makin
larut. Dan ketika acara ditutup, rumah tua itu tak segera tutup pintu
pula. Belasan anak muda dari berbagai kota masih mengobrol dengan tuan
rumah, Soesilo Toer. Sebagian menggeletakkan tubuh di atas tikar di
ruang tengah, tempat semula mereka berdiskusi: tertidur, kelelahan.
Rumah
yang selama bertahun-tahun dianggap angker, malam itu riuh oleh
percakapan: tentang dunia tulis-menulis, tentang perlawanan terhadap
ketidakadilan, tentang harapan hari esok lebih baik di negeri ini. Dan,
Soesilo Toer menjadi bagian tak terpisahkan dari geriap anak muda untuk
terus menjalani hidup sebagaimana semestinya manusia: tidak memakan
sesama.
***
DAN, soal kearifan tentang tanaman, izinkan
saya perkenalkan Mbah Lastipah, tetangga saya, lewat kisah tentang
sepenggal hari dalam kehidupannya.
Daun Waru Mbah Lastipah
QIRAAH dari masjid memecah kesunyian. Mbah Lastipah bangkit dari dipan, mendekati meja, mengangkat kendi, dan minum seteguk-dua.
Lalu,
perlahan-lahan mengambil peralatan mandi dari pojok rumah gedeknya,
membuka pintu, keluar ke pekarangan. Perempuan tua itu melangkah
terbungkuk-bungkuk, tanpa kasut menapaki jalanan kampung. Dia menembus
kabut dini hari, menuju sendang di tepian kali.
Jarak dua ratus meter
dari rumah ke sendang terasa jauh bagi perempuan delapan puluhan tahun
itu. Sebentar dia berhenti, menggerendeng entah apa, lalu kembali
melangkah. Pelan, pelan seperti siput.
Di sendang, dia mencopot
pakaian dan mandi seraya berdiri. Kaku persendian membuat dia tak bisa
jongkok lagi. Usai bebersih diri, dia menapaki jalanan licin, kembali ke
rumah. Ketika azan masih menggema, dia duduk berselonjor kaki di dipan:
salat subuh.
Usai berdoa tanpa suara, dia melipat mukena. Tanpa
gegas dia keluar, mengambil sapu lidi dari samping rumah. Beberapa
langkah dia berhenti, menepuk-nepuk sebatang pohon waru di pekarangan
rumah. Di sebelah kakinya bertumpuk daun waru kering setinggi pinggang.
Dia
meniti wot di atas selokan. Di jalan, seraya menyalangkan mata dia
menyapu perlahan-lahan. Dalam kesamaran pagi buta, tubuh renta itu
seperti timbul-tenggelam. Dia suntuk dalam pekerjaan, menyapu jalanan.
Dia
punguti daun-daun waru dari pekarangan rumah tetangga, dari jalanan,
dan dia tumpuk di bawah pohon. Dari hari ke hari gundukan daun makin
tinggi. Dia tak pernah membakar dedaunan itu. Dia biarkan dedaunan itu
jadi rabuk, jadi pupuk.
Mbah Lastipah menunaikan pekerjaan itu tanpa bayaran. Setiap pagi, setiap hari, bertahun-tahun. Entah sejak kapan.
Malam-malam,
ketika kantuk menyerang, acap dia menangis sendirian. Dia sesali tubuh
renta yang tak kuat lagi bekerja seharian, sehingga selalu ada daun waru
tersisa, terserak di jalanan, di pekarangan rumah tetangga.
***
“Siapa Mbah Lastipah?” tanya saya, seusai mendengar kisah dari Pak Pi, karib saya di kampung.
“Dia tinggal di seberang jalan dari rumah saya,” jawab Pak Pi dengan wajah keheranan.
“Oh,
dia….?” Ya, ya, saya kenal sosok perempuan tua itu. Namun, tak pernah
tahu namanya. “Hampir tiga tahun kau tinggal di kampung ini. Dan tak
mengenal tetangga yang berumah sepelemparan batu dari rumahmu?” sergah
Kluprut, jauh di relung hati. “Tak bermalu!”
Saya tercenung.
Ya,
kecuali pendengaran yang melemah dan tubuh yang merenta, Mbah Lastipah
sepenuhnya sehat. Nalar, rasa, dan karsa perempuan sebatang kara itu
hidup sesungguh benar hidup. Dan, terus menguarkan kearifan.
Kearifan
yang bertolak belakang dengan, misalnya, akrobat para kader berbagai
partai politik yang melakukan vandalisme kontrakehidupan berskala masif:
memaku pohon untuk memajang segala poster dan spanduk. Dan, hoopla,
ruang publik pun disesaki sampah visual!
Daun-daun waru yang ditumpuk
di bawah pohon oleh Mbah Lastipah adalah sampah organik. Proses alami
mengubah sampah itu jadi humus, penyubur tanah.
Sampah visual yang
ditebar para calon anggota parlemen adalah sampah anorganik; nyaris
kalis dari proses penguraian di tanah. Kelak, usai “pesta demokrasi”,
sampah itu berubah menjadi racun dan mengurangi tingkat kesuburan tanah.
Laku
Mbah Lastipah, setiap hari, bertahun-tahun, memang cuma memberikan
kontribusi kecil bagi kelestarian lingkungan. Tidak sebesar, misalnya,
kontribusi Sariban, yang setiap hari, bertahun-tahun, secara sukarela
mencabuti paku dari batang pepohonan di Kota Bandung. Juga tak sedahsyat
tekad dan tindakan Badri, yang setiap hari, bertahun-tahun, menanam
pohon di mana pun, di sebuah kawasan di Jawa Barat. Namun, sekecil apa
pun tindakan Mbah Lastipah, bukankah itulah laku prokehidupan?
Sebaliknya,
lihatlah ulah para calon anggota parlemen yang terhormat menjelang
pemilihan umum ini. Memang tak sampai berbilang tahun, namun sungguh
tindakan mereka telah memberikan kontribusi lebih besar bagi perusakan
alam, perusakan lingkungan. Vandalisme kontrakehidupan!
Mbah Lastipah berbuat tanpa mengharap pujian, tanpa mengharap bayaran. Dia bertindak tanpa kata, tanpa koar.
Dia
memang buta huruf, tetapi tak buta kesadaran: terus berbuat sesuatu,
menjaga keseimbangan alam, keberlangsungan kehidupan. Setiap pagi,
setiap hari, bertahun-tahun. Entah sampai kapan.
Seraya tersenyum
kecut, menekan malu, saya menarik simpulan: Mbah Lastipah, perempuan
renta itu, sesungguh benar jauh lebih terhormat daripada siapa pun calon
anggota parlemen. Dialah pengibar panji-panji prokehidupan. Bukan saya.
Bukan sampean.
***
Mbah Lastipah sudah pergi, kembali ke haribaan
Illahi. Dan untuk meneladani kearifan perempuan sederhana itulah, saya
bertekad terus-menerus mempromosikan air kendi: kepada siapa pun, di
mana pun, kapan pun. Dalam sebuah tulisan, saya gemakan semangat untuk
secara takzim bertasbih bersama alam itu – sebagai wujud terima kasih
atas karunia Sang Mahacinta: tanah-air, yang menyatu secara kasatmata
sekaligus secara simbolik dalam air kendi.
Simaklah….
Kelangan Wedang, Kelangan Klasa
AKU
kelangan wedang. Saya suwe saya angel golek legen, banyu tebu, wedang
cara, wedang blung, wedang rondhe, wedang alang-alang, wedang jahe,
wedang kopi, wedang teh, lan sapanunggalane. Yen ta bisa mrangguli
kanthi gampang, wujude wis dikemas dening pabrik kanthi cara instan,
sakdek-saknyet. “Gampang, gak prelu kangelan,” ujare Kluprut.
Wedang
ngilang mbaka sithik mbarengi saka manca gumrujuk inuman sing katelah
soft-drink, minuman ringan. Banjur mlebu inuman kanggo nambah daya
kekuwatane awak. Ana uga merek lokal, sing jare bisa nambah greng,
nambah jos. Embuh apa sing greng, apa sing jos.
Rasa kelangan rada
kalipur nalika ana sing gawe teh botol. Teh botol (banjur teh kothak)
kuwi wujud nyata daya pangripta sing ora gampang kegiles kapitalisme
global.
Kelangan wedang, aku banjur kelingan banyu kendhi. Nanging
rasa kelangan malah ndandra, ngambra-ambra. Saiki, kendhi uga langka,
kesingkir, kesingkur. Amarga saiki sapa wae lan ing ngendi wae padha
gawe sumur bor, murih gampang gawe banyu mineral lan banyu isi ulang.
Ora mligi tumrape wong kutha, ing padesan uga wis lulut manut ngombe
banyu mineral utawa banyu isi ulang. Sendhang, belik, tuk, sumber banyu
saya asat. Ora kopen.
Kita bakal kelangan kendhi, bakal kelangan
banyu kendhi. Mula kanthi blakasuta, thokleh, aku gawe palagan: mungsuh
swastanisasi banyu. Lan, kuwi dakwujudake kanthi laku nyata: ora tuku
lan ngombe banyu mineral sing dikemas. Aku milih ngombe banyu kendhi.
Neng
ngendi lan kapan wae, yen disuguh banyu mineral ora bakal dak-ombe, ora
bakal dakgape. Malah kepara sing nyuguh dak-ece: apa ora kuwat tuku
kendhi? Apa rumangsa kelangan drajat amarga ngombe banyu kendhi? Kerep
wae nalika jejagongan dak-enggo srana promosi kendhi lan banyu kendhi.
“Halah!
Ya, pilih tuku lan ngombe banyu mineral. Murah, gampang, praktis, lan
sehat. Hari gini, jaman moderen, kok dhemen kangelan,” celathune Kluprut
karo cengengesan.
Banyu mineral pancen murah. Ngombe banyu mineral
pancen gampang, ora prelu kangelan. Nanging apa ya mengkono satemene
sing kudu kedadeyan?
Biyen, dhek cilik, kuwajibanku ngisi kendhi sing
cumawis sanjabane pager ngarep omah. Sapa wae wong liwat sing ngelak,
bisa ngombe banyu kendhi kuwi. Lan, kluwarga sing nyawisake kendhi kaya
ngono kuwi dudu amung kulawargaku. Meh saben omah pinggir dalan
nyawisake banyu kendhi.
Saiki, sapa sing isih gelem kangelan nyawisake banyu kendhi? Sapa sing isih gelem kangelan ngombe banyu kendhi?
Kamangka
sapa wae sing kanthi sadhar ngombe banyu kendhi ing saben dinane,
pawongan kuwi wis milih: mehak wong cilik, asah-asih-asuh marang Ibu
Pertiwi. Banyu kendhi wujud nyata manunggaling banyu lan lemah,
tanah-air. Kendhi simbul usaha ekonomi rakyat.
Mula, sapa gelem
ngombe banyu kendhi, samesthine uga gelem ngopeni sumbering banyu,
sumbering panguripan: sendhang, kali, sumur, belik, tuk, lan
sapanunggale. Sabanjure uga bakal duwe kawigaten marang wit-witan,
tetanduran, tetanen, tundhane marang lestarining alam. Duwe kesadharan
ekologis, duwe kesadharan marang pangrembakane ekonomi kerakyatan.
Apamaneh
yen ngelingi: banyu minangka kaskayaning nagara sing kudu kaolah lan
kagunakake murih kasampurnaning urip sapepadha. Ora kena dihaki dening
pribadi-pribadi. Wondene, nyata-nyata, pamarentah wis ngedol banyu
marang pribadi sing duwe modhal gedhe, kapitalis. Kuwi pehak sing iwut
golek bathi sing akeh lan luwih akeh maneh, nyugihake diri pribadi,
tinimbang ngopeni sumber banyu, ngopeni wit-witan, ngopeni alam.
“Halah,
ora usah sok pahlawan!” grenengane Kluprut karo mbesengut. “Wong
nyatane para priyagung, sarjana sujana, nayaka praja, padha ora nggagas
bisa apa ora marisake alam sing endah marang anak-putu. Nyatane apa wae
wis didol, sapa wae wis dodolan.”
Tanpa nggape Kluprut, aku maca
alon-alon murih rumesep ing ati, tumancep ing pikir “Sajak Tikar Plastik
Tikar Pandan”. Puisi kuwi kaanggit April 1988 dening Widji Thukul,
kanca lawas sing durung kadenangan papan panggonan lan pawongane nganti
dina iki – sawise diculik sadurunge taun 1998.
tikar plastik tikar pandan
kita duduk berhadapan
tikar plastik tikar pandan
lambang dua kekuatan
plastik bikinan pabrik
tikar pandan dianyam tangan
plastik makin mendesak
tikar pandan bertahan
kalian duduk di mana?
Para
sedulur, ayo lungguh klasa pandhan, jejagongan kanthi suguhan banyu
kendhi lan grontol, kaerut, utawa gedhang goreng minangka nyamikan.
Sakwise kelangan wedang, aku ora kepengin kelangan, banyu kendhi, ora
kepengin kelangan klasa pandhan.
***
NAMUN, maaf, tiba-tiba
kuping saya berdenging. Mendengking suara lengking penuh duka. Habis,
habis sudah segala kekayaan melimpah ruah. Tandas, tumpas, segala apa,
tanpa pernah bisa memakmurkan anak negeri ini. Dan, lihatlah, Ibu
Pertiwi: menangis tanpa henti.
Kulihat Ibu Pertiwi
Sedang bersusah hati
Air matanya berlinang
Bak intan yang terkenang
Hutan gunung sawah lautan
Simpanan kekayaan
Kini Ibu sedang lara
Merintih dan berdoa.
Tembang
terakhir itu, mengingatkan kita: betapa kekayaan berlimpah bisa menjadi
tidak berkah ketika tidak dikelola secara amanah. Ketika nafsu
menguasai lebih besar ketimbang nafsu memelihara, nafsu merawat. Maka,
pilihan untuk terus merawat kehidupan adalah dengan menanam: menanam
pepohonan, menanam kebajikan, sembari terus mengharap rida Tuhan.
Salam, salam!
Semarang, 22 Mei 2013: 01.29
* Rangkuman
tulisan ini saya dedikasikan untukmu, Kiai Budi, untuk mengiringi
perjalananmu: menebar benih cinta, menebar benih kebajikan….
Tidak ada komentar:
Posting Komentar